Learning Modern Standard Arabic 

Pusat Pengembangan Bahasa, pada tahun akademik 2018/2019, bekerjabareng dengan UIN Sunan Ampel Surabaya dan Al-Arabiyya-Institute, Universitas Leipzig, Jerman, akan menyelenggarakan  pembelajaran Bahasa Arab Modern العربية المعاصرة menggunakan model yang dikembangkan oleh Prof Eckehar Schulz. Model pengajaran Bahasa Arab modern yang memiliki distingsi khusus dibanding model-model pengajaran bahasa arab pada umumnya. Salah satunya, model pembelajaran ini dapat dilakukan secara online melalui e-Edition. Versi ini  dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja mahasiswa berada. http://www.modern-standard-arabic.com.

Modern Standard Arabic (MSA) yang dikembangkan Schulz telah merespon tantangan praktis model pengajaran bahasa arab dengan menggunakan media yang modern. Dengan menggunakan MSA, mahasiswa dapat mempelajari dan menguasai cara berkomunikasi dalam berbagai situasi dengan menggunakan bahasa modern. Isi MSA lebih menekankan pada pengulangan (drill), artinya suatu materi yang telah dipelajari dalam bentuk tulis, akan dipelajari ulang dalam bentuk lisan seperti mengucapkan selamat, mengungkapkan harapan, menanyakan alamat, memperkenalkan diri, mengungkapkan perasaan dan meminta maaf. Selain itu, materi diperkaya dengan aspek budaya, keagamaan dan sejarah untuk dapat memberi muatan kompetensi budaya.

Tidak hanya itu, buku ini juga memperkenalkan 4 macam dialek Arab, yaitu

  1. Irak (Negara-negara Teluk / Semenanjung Arab)
  2. Suriah / Libanon /Palestina
  3. Mesir, dan
  4. Maghreb

Penyajian beragam dialek ini, tentu, menambah melengkapi keunikan buku teserbut, sehingga mahasiswa dapat memahami bahasa penutur yang terpelajar, dan bila ingin mendalami salah satu dialek tersebut, maka ia dapat memilih dan menekuninya.